Pelindo Sub Regional 3 Bali Nusra Capai Kinerja Positif Triwulan II Tahun 2024

DENPASAR, MataDewata.com | PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Sub Regional Bali Nusa Tenggara membukukan catatan kinerja positif di tahun 2024. Tercatat, hingga Juni 2024 ini Sub Regional Bali Nusa Tenggara mencatatkan pertumbuhan yang signifikan terutama dari layanan pada arus kapal, arus penumpang dan arus hewan.

Fariz Hariyoso, Sub Regional Head Bali Nusa Tenggara Pelindo mengatakan kinerja arus kapal di Pelabuhan yang dikelola Pelindo Sub Regional Bali Nusra hingga Juni 2024 yakni sebanyak 6.447 Unit atau naik 22 persen (yoy) dengan jumlah 25.714.064 GT atau tercapai 24 persen (Yoy).

Baca juga :  PEKAT-IB Sampaikan Aspirasi Terkait Perilaku Menyimpang WNA di BALI

Sedangkan kinerja arus penumpang naik cukup signifikan sebanyak 906.856 orang atau tercapai 29 persen (Yoy) untuk penumpang dalam negeri dan penumpang luar negeri dibandingkan dengan tahun 2023. Sementara, untuk arus hewan tercatat tercapai sebanyak 42.640 ekor atau 106 persen dari anggaran yang ditetapkan.

“Ada banyak faktor yang membuat capaian kita cukup positif pada triwulan II tahun ini beberapa diantaranya meningkatnya kunjungan kapal cruise dan kapal penumpang serta kunjungan kapal dengan komoditi hewan karena adanya Hari Raya Idul Adha, kami optimis capaian ini akan bertahan hingga akhir tahun ini” Ujar Fariz Hariyoso.

Baca juga :  Sekda Dewa Made Indra Terima Kunker Reses Komisi II DPR RI di Provinsi Bali
Ik-MD-Bank BPD Bali/2/2024/fm

Meski sepanjang tahun 2023 ada pertumbuhan positif, Pelindo Sub Regional 3 Bali Nusra tetap berupaya meningkatkan trend pelayanan. Sejumlah rencana strategis tengah disiapkan guna meningkatkan layanan pelabuhan dari berbagai sektor.

Sub Regional Head Bali Nusra mengatakan, ada 3 rencana strategis yang akan digarap Pelindo, di antaranya Relokasi Zonasi Curah Cair ke Area Pengembangan II Pelabuhan Benoa.
Tak hanya itu, rencana strategis lain yakni pengembangan bisnis kepelabuhan di antaranya seperti rencana pengembangan di Pelabuhan Labuan Bajo, serta Rencana Induk Pelabuhan Celukan Bawang.

Baca juga :  Gubernur Koster Bangun Tempat Parkir Kedungdung Tampung 250 Bus

“Kita akan optimalisasi pemanfaatan lahan dan fasilitas pelabuhan, seperti yang juga sudah dilakukan yakni optimalisasi Pelabuhan Benoa dan Gilimas sebagai home/turn around port, serta optimalisasi lahan idle di beberapa pelabuhan,” Pungkasnya. Ln-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button