Millennial Bali Property Expo 2023 “Saatnya Milenial Bali Punya Rumah”

HIMPERRA Sapa Masyarakat di Level 21 Mall Denpasar

DENPASAR, MataDewata.com | Jelang hari jadinya yang ke-5, Dewan Pengurus Daerah Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (DPD HIMPERRA) Provinsi Bali melaksanakan Millennial Bali Property Expo 2023. Kegiatan yang dirangkaikan dengan Semarak Dirgahayu 78 Tahun Republik Indonesia ini digelar di Level 21 Mall Denpasar, berlangsung dari tanggal 18-26 Agustus 2023.

Kegiatan bertajuk “Saatnya Milenial Bali Punya Rumah” dibuka Wali Kota Denpasar yang diwakili Kadis PERKIM, I Gede Cipta Sudewa Atmaja, ST.,MT., didampingi Ketua Umum DPP HIMPERA Indonesia Endang Kawidjaja dan Ketua DPD HIMPERA Provinsi Bali, I Wayan Jayantara, SE., serta Ketua Umum Kadin Bali, Made Ariandi.

“Kegiatan ini memang kita selalu lakukan rutin setiap setahun sekali, karena tujuannya yang pertama kita mem-branding nama HIMPERA itu sendiri,” kata Wayan Jayantara, saat acara pembukaan, Jumat (18/8/2023) yang lanjut menyampaikan HUT ke-5 HIMPERRA jatuh pada tanggal 5 Agustus 2023 yang kini telah memiliki 137 anggota.

Dijelaskannya, pada tahun 2019 HIMPERRA Bali telah membangun perumahan sebanyak 2.700 unit rumah dan asosiasi ini dinilai menjadi Nomor 1 di Bali untuk pengajuan/penyaluran KPR rumah subsidi, yakni 72 persen. “Itu data dari Dinas PUPR untuk wilayah Bali. Asosiasi kami yang pertama di Bali, Terus kena kena Covid 2020 2021 dan 2022 kami nomer satu lagi total produksi rumah di Bali adalah 2.587 unit,” paparnya.

Ik-MD-BPD Bali-BP//1/2022/fm

Tersebar hampir di seluruh Bali (Klungkung, Karangasem, Tabanan, Jembrana dan Singaraja), HIMPERRA Bali bisa membuat produksi rumah 1.446 unit atau sebesar 56,90 persen. Kali ini dengan acara Milenial Bali Property Expo 2023 akan menyasar Generasi Milenial untuk dapat memiliki rumah dengan berbagai kemudahan dari sisi pembiayaan.

Wayan Jayantara menuturkan, tercetusnya ide (tagline) membuat kegiatan tersebut terinspirasi dari Menteri Erick Thohir. “Itu dasar pemikiran kita, bahwa Bapak Erick Thohir menyampaikan, bahwa kalangan muda yang baru bekerja masih berumur 25 tahun baru selesai kuliah, sudah deh rumah saja beli dulu, jangan membeli yang lain,” terangnya.

Dengan dasar pemikiran itulah, Wayan Jayantara menyebut kalangan milenial membeli rumah sebagai kebutuhan primer, maka akan menikmati hidup saat berumur 40 tahun dengan bahagia (happy hidupnya) sehingga dibuat kegiatan Milenial Bali Property Expo 2023.

Untuk kemudahan memiliki rumah pada acara tersebut diluncurkan Program DP 0 persen dengan bunga murah, berkisar 1,9-2,29 persen per tahun untuk rumah komersial. “Untuk rumah subsidi kami siapkan dengan bunga 5 persen selama 15 tahun. Terjadi apapun di dalam keuangan pemerintahan dan segalanya, tetap cicilannya hanya 5 persen dengan nominal kurang lebih diantara Rp1 juta serratus sekian,” terangnya lebih lanjut.

DPD HIMPERRA Bali bekerja sama dengan Bank BTN (Bank Tabungan Negara), Mandiri dan juga BNI. Oleh karena itu, Jayantara berharap, kalangan milenial mengubah minset atau pola pikir, yang tidak lagi kearah konsumtif, tetapi diarahkan buat kebutuhan primer dulu, khususnya perumahan. “Jadi, dengan selalu mendengungkan milenial ini, supaya kalangan milenial yang baru bekerja itu sudah punya pikiran, saya membeli rumah dan rumah dulu yang saya harapkan dan tidak nge-kost lagi, karena biaya nyicil rumah lebih murah dibandingkan biaya kost,” tandasnya.

Terkait kemudahan yang diberikan, Branch Manager BTN Cabang Denpasar Yudistira menjelaskan, pihaknya dari BTN Cabang Denpasar dan Singaraja banyak memberikan promo-promo buat Pameran HIMPERA Bali. “Kita ada bunga 1,9 persen, untuk kalangan milenial kita juga ada namanya KPR yang kami sampaikan bahwa kredit kita bisa jangka panjang hingga 30 tahun dengan biaya angsuran ringan dan juga proses kredit relatif cepat,” ungkapnya.

Terkait dengan subsidi rumah sendiri, disebutkan pihaknya bisa mensupport kegiatan tersebut lantaran banyaknya mitra-mitra HIMPERRA bekerja sama dengan Bank BTN yang menyiapkan rumah subsidi dengan harga maksimal Rp181 juta. “Untuk kredit komersial sendiri bisa mencapai puluhan miliar rupiah,” imbuhnya yang lanjut menyampaikan tahun 2023 pihaknya menargetkan rumah subsidi mencapai 2.000 unit. “Anggap saja per unit sekitar Rp181 juta dan plafon Rp150 juta, jadi kurang lebih sekitar Rp400-an miliar anggarannya untuk satu tahun ini,” tutupnya. Ac-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button