Yayasan Puri Kauhan Ubud Persembahkan Tiga Buku dan Film sebagai Bagian dari Program Saraswati Sewana 2022

GIANYAR, MataDewata.com | Yayasan Puri Kauhan Ubud melaunching tiga Buku Sastra Saraswati Sewana, yakni: Toya Uriping Bhuwana Usadhaning Sangaskara (Air Sumber Kehidupan Penyembuh Peradaban), Nyapuh Tirah Campuhan (Jejak Peradaban Kuno DAS Oos), dan Jaladhi Smreti (Menelusuri Pelahuhan Kuno di Ketewel dalam Ingatan Masyarakat dan Catatan Kolonial).

Selain itu, Yayasan Puri Kauhan Ubud juga mempersembahkan lima film pendek hasil kompetisi Purwa Carita Campuhan. Tonya Bindu Sebuah cerita rakyat Bali yang diangkat dari sebuah tukad (sungai) yang berlokasi ditengah hiruk pikuk kota Denpasar, dikenal dengan nama Tukad Bindu yang menyimpan begitu banyak fungsi penting bagi kehidupan di Bali.

Baca juga :  Puncak Peringatan Saharsa Warsa Batuan Gugah Kesadaran Menjaga Keharmonisan Alam
Ik-MD-BPD Bali-BP//1/2022/fm

Boni, Tari Rejang Pala (Buah) adalah salah satu tarian sakral yang diwariskan di Desa Nongan Karangasem. Setiap anak remaja diwajibkan menarikan tarian ini, dengan gelungan (hiasan kepala) menggunakan buah-buahan.

I Swarnangkara film ini terinspirasi dari Buku I Swarnangkara, Si Penjaga Hutan. Berkisah tentang I Swarnangkara, yang merasa ada yang mengikutinya dari balik pepohonan: makhluk berbadan besar dengan rambut panjang dan mata merah. Ia bertekad untuk mengakhiri mimpi buruknya dengan pergi ke hutan tempat mimpinya berasal.

Baca juga :  Harapan Law Firm Togar Situmorang di Tahun "Kerbau Logam"

Selanjutnya Kacang Dari merupakan cerita rakyat dari Pujungan, Tabanan. Cerita yang merupakan lagu pengantar tidur ini berkisah tentang wanita sebatang kara yang setiap hari hanya mencari kayu bakar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, yang menemukan sebuah kacang yang bersinar. I Tundung berkisah tentang seorang yang bertekad menjaga tanah, air dan hutannya yang tinggal di Desa Sangkan Gunung, Tenganan.

Baca juga :  Yayasan Puri Kauhan Ubud Bumikan Wariga dan Usadha Bali
BPD-Contact -Center
Ik-MD-CC-BPD-Bali//7/2023/fm

Launching buku dan Film pendek Sastra Saraswati Sewana diselenggarakan hari Jumat, 17 Februari 2023 pukul 16:00 WIB di The Club Djakarta Theater. Akan dihadiri Para Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju. Direncanakan Mensesneg Prof Dr Pratikno akan memberikan keynote speech secara Daring.

Selanjutnya, siaran tunda acara launching buku dan film pendek ditayangkan mulai hari Sabtu, 18 Februari 2023, pukul 09:00 WIB di YouTube Puri Kauhan Ubud TV. Hp-MD
Sumber: https://www.instagram.com/p/CovrYsnP_KZ/?igshid=MDJmNzVkMjY=

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button