Desa Sumerta Kelod Gelar Lomba Sambut HUT Kemerdekaan RI

DENPASAR, MataDewata.com | Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur menggelar beragam lomba dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna Eka Taruna Bhakti serta menyambut HUT ke-79 kemerdekaan RI. Beragam lomba tersebut mulai dari Lomba Ngelawar, Lomba Gebogan serta Lomba Menghias Banjar se-Desa Sumerta Kelod. Pelaksanaan rangkaian kegiatan tersebut dibuka langsung Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Camat Denpasar Timur, Ni Ketut Sri Karyawati di Kantor Desa Sumerta Kelod, Jumat (16/8/2024).

Sejak tiba, Walikota Jaya Negara langsung meninjau satu persatu proses pembuatan Lawar dan Gebogan oleh peserta yang terdiri dari Sekaa Truna/Truni se Desa Sumerta Kelod. Tampak Walikota Jaya Negara berbaur bersama peserta Lomba Ngelawar. Kegiatan ini melibatkan 10 kelompok peserta Lomba Ngelawar dan 10 peserta lomba Gebogan dan Seluruh Banjar di lingkungan Desa Sumerta Kelod.

Baca juga :  Mahakarya Gilang Gemilang Denpasar Jaya Meriahkan Peringatan Hari Disabilitas Internasional dan HKSN

Di sela-sela perlombaan Walikota Jaya Negara mengapresiasi kegiatan Lomba Ngelawar, Gebogan dan Mneghias Banjar yang dilaksanakan Desa Sumerta Kelod. Hal ini sebagai implementasi visi-misi dalam mewujudkan Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju.

“Lomba Ngelawar se-Desa Sumerta Kelod adalah salah satu cermin dari pelaksanaan Visi Misi Denpasar Kreatif Berwawasan Budaya yang menguatkan tradisi dalam kegiatan bermasyarakat terlebih dalam era kecepatan teknologi saat ini,” ujar Jaya negara

Lebih lanjut disampaikan, visi-misi yang dibangun serta program prioritas yang direncanakan, digerakkan oleh Weda Wakya Vasudaiva Khutumbakam yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara. Semua sektor kehidupan harus diselesaikan dengan paras-paros sarpanaya, salunglung sabayantaka. Jaya Negara mengatakan bahwa Lomba Ngelawar, Lomba Gebogan serta Lomba Menghias Banjar yang digelar oleh Desa Sumerta Kelod juga sebagai bentuk implementasi dalam pelestarian tradisi dan budaya Bali.

Baca juga :  Terbaik Nasional, Gubernur Koster Tegaskan Komitmen Laksanakan Reformasi Birokrasi

“Saya sangat bangga dengan semangat para pemuda pemudi STT yang mewakili banjarnya masing-masing, itu menandakan bahwa tradisi dan budaya kita akan tetap lestari. Semoga lomba seperti ini akan terus berkelanjutan diadakan di setiap desa/lurah lainnya,” pungkasnya.

Ik-MD-Bank BPD Bali/2/2024/fm

Sementara Ketua Panitia, I Wayan Nova Wiguna menjelaskan bahwa Lomba Ngelawar, Lomba Membuat Gebogan serta Lomba Menghias Banjar ini diadakan dalam rangka Bulan Bakti Karang Taruna Eka Taruna Bhakti serta menyambut HUT ke-79 Republik Indonesia Tahun 2024. Dimana, kegiatan bulan bakti karang taruna ini mengambil tema “Melalui Bulak Bhakti Karang Taruna kita Peringati Hari Kemerdekaan RI Dengan Semangat Gotong Royong Dalam Mewujudkan Generasi Unggul, Maju, Kreatif, dan Berwawasan Budaya”.

Baca juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Festival Beraban 2024 "Saguna Prawerthi"

“Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari yang dimulai hari ini tanggal 16 Agustus 2024 yang akan dilaksanakan lomba ngelawar, lomba Gebogan buah lokal, dan lomba menghias banjar dan hari sabtu, 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan Kirab Obor serta Malam Renungan pada malam harinya,” jelasnya

Lebih lanjut dikatakan lomba ini diikuti oleh seluruh Banjar yang ada di wilayah Desa Sumerta Kelod dengan lomba ngelawar yang berjumlah 10 tim dan masing masing tim berisi 10 orang dan Lomba Gebogan berisi 3 orang setiap tim, dan pemenang dari lomba ini akan mendapat hadiah berupa piala serta uang pembinaan. Wah/Hd-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button