Kanwil Kemenkumham Bali Sukseskan World Water Forum “Sambut Kedatangan Delegasi”

BADUNG, MataDewata.com | Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali menyatakan kesiapannya untuk menyukseskan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan dihelat di Bali pada 18-25 Mei 2024.

Kepala kanwil Kemenkumham Bali, Pramella Yunidar Pasaribu, mengatakan bahwa delegasi WWF mulai berdatangan ke Indonesia pada 15 Mei 2024, tiga hari sebelum dimulainya forum. Kanwil Kemenkumham Bali bersama dengan instansi terkait lainnya, telah melakukan berbagai persiapan matang untuk memastikan kelancaran kedatangan dan kepulangan para delegasi.

Kakanwil Pramella juga menyampaikan bahwa untuk memperlancar kedatangan delegasi tanpa mengesampingkan penumpang reguler yang jumlahnya juga banyak, Kanwil Kemenkumham Bali melalui Imigrasi Ngurah Rai telah memisahkan jalur kedatangan antara delegasi dan penumpang reguler di area imigrasi Bandara I Gusti Ngurah Rai. Imigrasi Ngurah Rai telah menyiapkan 3 (tiga) konter khusus delegasi WWF yang terpisah dengan pemeriksaan reguler.

“Kita sudah siapkan 3 konter pemeriksaan keimigrasian khusus dengan satu konter berisi 4 petugas, sehingga ada total 12 petugas yang bertugas di konter delegasi. Untuk pemeriksaan terhadap penumpang reguler, kami siapkan 30 unit autogate dan 10 konter pemeriksaan dengan total 40 petugas,” terang Pramella.

Selain menyiapkan konter khusus delegasi, Imigrasi Ngurah Rai juga memasang papan petunjuk di sejumlah titik strategis untuk memudahkan delegasi alam proses menuju ke komter pemeriksaan dan melakukan pelatihan kepada para petugas imigrasi dalam melayani delegasi mancanegara.

“Terkait dengan kesiapan lainnya, kami telah memasang beberapa sign board pada titik-titik strategis guna memudahkan kedatangan para delegasi melalui jalur khusus pada terminal kedatangan, selain itu, kami sudah menyiapkan digital booklet panduan keimigrasian bagi delegasi WWF yang dapat diunduh pada website Imigrasi Ngurah Rai. Dengan pengalaman kami pada gelaran internasional sebelumnya seperti KTT G20, KTT ASEAN, GPDRR dan lainnya, kami siap menyambut kedatangan delegasi WWF,” terang Pramella.

Pramella menambahkan bahwa untuk pemeriksaan keimigrasian terhadap delegasi, terdapat beberapa mekanisme pemeriksaan. Untuk setingkat kepala negara (VVIP) dilakukan di gedung VVIP, untuk setingkat Menteri (VIP) dilakukan di gedung VIP dan untuk delegasi lainnya dilakukan di terminal kedatangan internasional.

Diperkirakan, sebanyak kurang lebih 9.477 orang delegasi dari 104 negara akan menghadiri WWF ke-10 di Bali. Kehadiran para delegasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pariwisata dan ekonomi Bali. Kanwil Kemenkumham Bali berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima dan profesional kepada para delegasi World Water Forum ke-10. Dengan kesiapan yang matang, diharapkan forum ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Kh-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button