Kanwil Kemenkumham Bali Hadir dalam Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-46

Dukung Pelestarian Seni dan Budaya

DENPASAR, MataDewata.com | Mendukung pelestarian Seni dan Budaya Bali, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Alexander Palti, menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46. Acara tersebut bertempat di Areal Monumen Perjuangan Bajra Sandi Denpasar, pada hari Minggu (15/6/2024).

Kehadiran Alexander Palti dalam acara ini merupakan bentuk komitmen Kanwil Kemenkumham Bali dalam mendukung pelestarian seni dan budaya Bali yang merupakan warisan budaya bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. Adapun tema yang diusung pada PKB tahun ini adalah ‘Jana Kerthi Paramaguna Wikrama’ yang berarti harkat martabat manusia unggul.

Baca juga :  Membanggakan Badung, Sekaha Gong Legendaris “Kerthi Budaya” Guncang PKB ke-46

Acara tersebut dibuka langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Selain AHY turut hadir pada kegiatan tersebut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, dan beberapa jajaran pemerintah Bali, tokoh masyarakat serta seniman.

Pada kesempatan tersebut AHY menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan PKB sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya lokal. “Kita tentu mengapresiasi penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) ini sebagai event tahunan yang telah menjadi pesta rakyat di Bali sejak 1979. PKB juga diikuti dari berbagai daerah di Indonesia, dan berbagai negara di dunia,” ujar AHY.

Baca juga :  Wagub Cok Ace Apresiasi Kolaborasi Musik Keroncong dengan Gamelan Bali

AHY juga menyampaikan pelaksanaan PKB ini merupakan wujud penegakan jati diri ditengah banyaknya gempuran budaya asing yang masuk ke Bali. “Dengan mengusung seni budaya sendiri, kita telah menegakkan jati diri kita. Karena meskipun Bali kaya akan masuknya budaya asing, budaya sendiri tidak lekang oleh waktu dan zaman,” tambahnya.

Selanjutnya dengan mengucap syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa serta ditandai dengan pemukulan Kul kul yang merupakan alat komunikasi tradisional Bali, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara resmi membuka kegiatan Pesta Kesenian Bali ke- 46.

Baca juga :  Ikatan Istri Karyawan Bank Mandiri Kunjungi PKB

Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46 ini akan berlangsung dari tanggal 15 hingga 13 Juli 2024. Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya ini merupakan wadah bagi para seniman Bali dalam upaya mendukung program pemerintah dalam hal penggalian, pelestarian dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali. Kh-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button