SD Negeri 1 Gianyar Pegang Tiket Melaju ke Babak Final Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali Tingkat SD se-Bali

Usai menundukkan Duta Klungkung dan Badung

DENPASAR, MataDewata.com | SD Negeri 1 Gianyar melaju ke babak final Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali Tingkat SD se-Bali yang dilaksanakan serangkaian HUT ke-50 PDI Perjuangan dan Bulan Bung Karno Tahun 2023 di Aula kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Kamis (15/6/2023). Tiket maju ke putaran akhir ini diraih Duta Kabupaten Gianyar ini setalah menundukkan Duta Kabupaten Klungkung dan Badung.

Penyisihan hari ke-3 ini menampilkan Grup A (Duta Kabupaten Gianyar) dari SD Negeri 1 Gianyar yang diwakilkan oleh I Made Bagus Mahendra Putra, I Putu Gede Radika dan I Dewa Gede Agung Pradipa Negara. Grup B (Duta Kabupaten Klungkung) dari SD Negeri 1 Semara Tengah terdiri dari Ni Putu Arya Pradnyani Satyadewi, Pande Putu Darma Putra Raika dan Putu Ayu Tiari. Grup C (Duta Kabupaten Badung) diri SD Nomor 1 Mengwi terdiri dari Ni Putu Keisha Maheswari Ardana, Komang Dinda Yellona Dewi dan Pitu Priscilla Praba.

Baca juga :  Tim Juru Bicara Universitas Udayana Gelar Appreciation and Awarding Night 2023
Ik-MD-BPB-BDP//17/2023/fm

Dibagi ke dalam 3 babak yakni; Pertama adalah babak wajib dimana masing-masing peserta secara berurutan akan diberikan pertanyaan seputar sastra Bali. 100 poin bagi jawaban yang benar dan 0 poin bagi jawaban yang kurang tepat; Kedua yakni babak olahan, peserta akan sama diberikan pertanyaan secara bergiliran, namun bedanya peserta lain dapat merebut dan menjawab jika peserta yang mendapatkan giliran tidak mampu menjawab.

“100 poin bagi jawaban yang benar dan 0 poin bagi jawaban yang salah. Bedanya jika peserta lain mampu merebut dan menjawab dengan benar, maka akan mendapatkan 100 poin dan 25 bagi jawaban yang salah,” jelas dewan juri saat menyampaikan sistem penjurian. Lanjut menyampaikan pada babak ketiga yakni babak rebutan, peserta secara berebutan menjawab dengan memencet bel terlebih dahulu. 100 poin untuk jawaban yang benar dan 50 untuk jawaban yang salah.

Baca juga :  SMA Negeri 2 Semarapura Unggul dari Duta Gianyar dan Badung, Lolos Final Cerdas Cermat Susastra Bali

Babak pertama berjalan sangat sengit karena masing-masing grup nyaris mampu menjawab setiap soal yang diajukan oleh para dewan juri. Alhasil, SD Negeri 1 Gianyar berhasil mengumpulkan 460 poin, disusul SD Negeri 1 Semarapura Tengah dengan mengumpulkan 390 poin selanjutnya SD Nomor 1 Mengwi diposisi ketiga dengan perolehan 380 poin.

Pada babak kedua yakni babak alihan, SD Negeri 1 Gianyar menyapu bersih 5 pertanyaan yang diberikan oleh dewan juri ditambah lagi 1 pertanyaan alihan sehingga poin Duta Kabupaten Gianyar mendapat tambahan 600 poin. Total total nilai yang dikumpulkan di babak kedua menjadi 1.060 poin. Disusul di posisi kedua yakni SD Negeri 1 Semara Tengah dengan perolehan 790 poin dan disusul kemudian oleh SD Nomor 1 Mengwi dengan perolehan 780 poin.

Pada babak ketiga, masing-masing duta mulai diuji kecerdasannya dengan 10 pertanyaan rebutan dari dewan juri. Berlangsung sangat sengit, dibabak ini SD Negeri 1 Gianyar mampu tampil unggul dengan perolehan akhir 1.260 poin. Posisi kedua SD Negeri 1 Semara Tengah dengan perolehan 1.040 poin diikuti SD Nomor 1 Mengwi dengan perolehan 980 poin. Akumulasi perolehan poin tertinggi yang diraih SD Negeri 1 Gianyar menjadi tiket lolos ke babak final yang akan dilaksanakan, Jumat (16/6/2023) besok.

Baca juga :  Sejarah Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Diketahui, Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali yang dilaksanakan DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini untuk mendukung visi Gubernur Bali, Wayan Koster yakni “Nangun Sat Kerthi Lokha Bali” sekaligus memperkokoh PDI Perjuangan sebagai partai yang siap memelihara akar adat dan budaya Bali. Adapun dewan juri yang dihadirkan yakni: Prof.Dr.Drs. I Nyoman Suarka, M.Hum., selaku koordinator juri, Prof.Dr.Drs. I Nyoman Suwija, M.Hum., selaku juri 1, Drs. I Wayan Sugita, M.Si., selaku juri 2 dan Drs. Cokorda Putra Wisnu Wardana, M.Si., selaku juri 3. PA-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button