Sinergi TNI/POLRI dan BNN, LAPAS Kerobokan Razia Kamar Hunian WBP

BADUNG, MataDewata.com | Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali menggelar razia gabungan bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum, yaitu: Kodim 1611/Badung, Polres Badung dan BNN Kabupaten Badung, untuk melakukan penggeledahan pada kamar hunian sekaligus tes urine terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Lapas (Kalapas) Kerobokan, RM. Kristyo Nugroho bertindak selaku Pembina Apel. Dalam amanatnya beliau menjelaskan, kegiatan ini merupakan implementasi instruksi Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) terkait 3 Kunci Pemasyarakatan Maju, meliputi: Deteksi Dini, Berantas Narkoba dan Sinergi dengan Aparat Penegak Hukum+Back to Basic.

Baca juga :  Bupati Giri Prasta: Implementasi Tri Kaya Parisudha, Wujudkan Kesejahteraan Berkeadilan

Lebih lanjut, Kalapas juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 1611/Badung, Kepolisian Resor Badung, dan BNN Kab. Badung yang telah hadir mengikuti kegiatan Apel Siaga dan razia gabungan. Hal ini menunjukan bahwa sinergitas antar aparat penegak hukum sudah semakin kuat.

“Lakukan penggeledahan secara cermat dan teliti, tetapi tetap lakukan pendekatan secara humanis. Ini merupakan komitmen kita dalam mewujudkan Lapas Kerobokan Zero Handphone, Pungli dan Narkoba (Halinar),” tegas Kalapas.

Baca juga :  Family Support Group Menunjang Program Rehabilitasi Pemasyarakatan Tahun 2024

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan razia/penggeledahan pada kamar hunian oleh personil gabungan dan tes urine bagi warga binaan. Selama kegiatan razia berlangsung, petugas memeriksa secara cermat dan teliti setiap sudut kamar hunian guna memastikan tidak adanya barang-barang terlarang yang dapat mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban. Sementara itu, dari pemeriksaan tes urine yang dilakukan secara acak terhadap warga binaan seluruhnya menunjukkan hasil “Negatif”.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Pramella Y. Pasaribu menyampaikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan Kalapas Kerobokan beserta jajaran. Hal ini menunjukan bahwa sinergitas antara instansi pemerintah sudah semakin solid.

Baca juga :  Remisi Khusus Hari Raya Nyepi 1944 Bagi Narapidana Se-UPT Provinsi Bali

“Tentu kami tegak lurus terhadap komitmen dan tujuan dalam membersihkan Lapas dari indikasi pelanggaran di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Bali. Kami juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada personil dari TNI/ Polri dan BNNK yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini,” terang Kakanwil. Kh-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button