Tampil Mendominasi, Duta Tabanan Lolos Babak Final Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali Tingkat SMP se-Bali

DENPASAR, MataDewata.com | Tampil prima dan mendominasi, SMP Negeri 1 Tabanan lolos babak final Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali Tingkat SMP se-Bali yang dilaksanakan serangkaian HUT ke-50 PDI Perjuangan dan Bulan Bung Karno Tahun 2023 di Aula kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Rabu (14/6/2023).

Lomba di hari kedua ini menampilkan 3 grup, yakni: Grup A (Duta Bangli) dari SMP Negeri 7 Kintamani yang diwakilkan oleb Ni Luh Putu Ayu Sulistia, Desak Nyoman Evi Sidayanti dan Ni Luh Sarifina: Grup B (Duta Kota Denpasar) dari SMP Negeri 14 Denpasar terdiri dari Ni Putu Anggita Santiari, Ni Pitu Lousiana Maharani dan Ni Kadek Ayu Suandewi. Grup C (Duta Kabupaten Tabanan) diri SMP Negeri 1 Tabanan terdiri dari Cokorda Putri Cinta Anindya Wirati, Ika Parista Nirmala Dewi dan I Gusti Ayu Cahya Paramita.

Baca juga :  SMP Negeri 2 Semarapura Lolos Babak Final Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali Tingkat SMP se-Bali
Ik-MD-BPB-BDP//17/2023/fm

Dibagi ke dalam 3 babak yakni pertama adalah babak wajib dimana masing-masing peserta secara berurutan akan diberikan pertanyaan seputar sastra Bali. 100 poin bagi jawaban yang benar dan 0 poin bagi jawaban yang kurang tepat: Kedua yakni babak olahan, peserta akan sama diberikan pertanyaan secara bergiliran, namun bedanya peserta lain dapat merebut dan menjawab jika peserta yang mendapatkan giliran tidak mampu menjawab.

“100 poin bagi jawaban yang benar dan 0 poin bagi jawaban yg salah. Bedanya jika peserta lain mampu merebut dan menjawab dengan benar, maka akan mendapatkan 100 poin dan 25 bagi jawaban yang salah,” jelas dewan juri saat menyampaikan system penjurian lanjut menyampaikan pada babak ketiga yakni babak rebutan, peserta secara berebutan menjawab dengan memencet bel terlebih dahulu. 100 poin untuk jawaban yang benar dan 50 untuk jawaban yang salah.

Baca juga :  Ketua DPD PDI Perjuangan Wayan Koster Kuatkan Komunikasi dan Sosialisasi Terpadu Target Kemenangan 95 Persen
Ik-MD-BPD Bali-BP//1/2022/fm

Pada babak pertama, SMP Negeri 1 Tabanan sudah memperlihatkan dominasinya dimana duta Kabupaten Tabanan ini mampu unggul dengan perolehan 500 poin. Disusul kemudian oleh SMP Negeri 14 Denpasar dengan perolehan 300 poin dan SMP Negeri 7 Kintamani dengan Perolehan 100 poin. Pada babak kedua, Duta Tabanan semakin melaju dengan mengumpulkan 1.050 poin dan diikuti duta Kota Denpasar dengan 475 poin serta Duta Kabupaten Bangli dengan 400 poin.

Pada babak ketiga perolehan poin SMP Negeri 1 Tabanan kian tidak terkejar yakni mengumpulkan 1.950 poin, di posisi kedua SMP Negeri 14 Denpasar dengan perolehan poin 475, diikuti di posisi ketiga oleh SMP Negeri 7 Kintamani yang pada babak ketiga mendapat pengurangan poin sebesar 50 dan berakhir dengan 350 poin.

Baca juga :  Peluang dan Tantangan Pariwisata Bali Pasca Pandemi Covid-19

Diketahui, Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali yang dilaksanakan DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini untuk mendukung visi Gubernur Bali, Wayan Koster yakni “Nangun Sat Kerthi Lokha Bali” sekaligus memperkokoh PDI Perjuangan sebagai partai yang siap memelihara akar adat dan budaya Bali. Adapun dewan juri yang dihadirkan yakni: Prof.Dr.Drs. I Nyoman Suarka, M.Hum., selaku koordinator juri, Prof.Dr.Drs. I Nyoman Suwija, M.Hum., selaku juri 1, Drs. I Wayan Sugita, M.Si., selaku juri 2 dan Drs. Cokorda Putra Wisnu Wardana, M.Si., selaku juri 3. PA-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button