Gubernur Wayan Koster Dibanjiri Apresiasi oleh Mendagri di PKB XLIV

Gubernur Wayan Koster Dinilai Berani Ambil Kebijakan Penanganan Pandemi Sampai Tercepat Vaksinasinya dan Menjadi Percontohan Daerah Lain

DENPASAR, MataDewata.com | Gubernur Bali, Wayan Koster mendapatkan apresiasi dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Jenderal Polisi (Purn.) Muhammad Tito Karnavian atas keberhasilannya menangani pandemi Covid-19 di Pulau Bali dengan memberikan kebijakan yang berani. Apresiasi tersebut disampaikan langsung dihadapan ribuan penonton yang hadir di acara pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-44 Tahun 2022, di Panggung Terbuka Ardha Candra Art Centre, Denpasar, Minggu (12/62022).

Gubernur Bali dihadapan Mendagri melaporkan pencapaian penanganan Pandemi Covid-19 dan Vaksinasi di Bali. Kata Wayan Koster bahwa sejak Pandemi muncul pertama kali di Bali pada tanggal 10 Maret 2020, sebagai Ketua Satgas memimpin penanganan Pandemi Covid-19. Bekerja ekstra keras bersama Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali dan Wali Kota/Bupati se-Bali, serta peran aktif Perbekel, Lurah, Bandesa Adat dan berbagai komponen masyarakat Bali.

Ucp-MD-GK-AK//5/2022/f1

“Astungkara, Pandemi Covid-19 dapat dikekola dengan sebaik-baiknya, sehingga pandemi ini terus menurun, sejak bulan Maret 2022, telah melandai dan stabil. Ditandai dengan, kasus baru harian sebanyak 10 sampai 20 orang, tingkat kesembuhan kumulatif mencapai 97%, jumlah yang meninggal mendekati nol. Tingkat kekebalan komunitas masyarakat mencapai 98%. Kemudian sejak tanggal 6 Juni 2022, sesuai Instruksi Bapak Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No: 29 Tahun 2022, Bali sudah ditetapkan menjadi PPKM Level 1,” ucap Gubernur Bali jebolan ITB ini yang disambut tepuk tangan.

Presiden RI, Bapak Ir. Joko Widodo yang diwakilkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Bali, Wayan Koster karena di dalam menangani pandemi Covid-19 sangat berani mengambil keputusan. “Pandemi Covid-19 merupakan pandemi terbesar yang melanda seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia dan Kita bersyukur bisa melaluinya,” ucapnya.

Foto: Mendagri RI, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian.

Ia mencatat Gubernur Bali yang paling terlihat berani memutuskan kebijakan dengan meminta vaksin terbanyak dan berani bertanggung jawab. Bali menerapkan vaksinasi berbasis banjar sukses menggelar vaksinasi Covid-19 dengan memiliki kecepatan vaksinasi tertinggi di Indonesia, bahkan juga di dunia untuk penduduk Bali yang berjumlah 4-5 juta jiwa. “Atas keberhasilan itu, Saya sebagai Mendagri lalu meminta daerah lain untuk meniru Provinsi Bali,” ujar mantan Kapolri ini seraya menyatakan Bali yang dipimpin Gubernur Wayan Koster juga sukses melaksanakan vaksinasi booster dengan capaian tertinggi di Indonesia yakni 70 persen.

Mengenai karantina juga Gubernur Bali, Wayan Koster mendapatkan tepuk tangan dari ribuan penonton PKB yang hadir di Ardha Candra Art Centre. Setelah Mendagri Tito Karnavian menyebutkan Gubernur Bali yang berani meminta karantina 7 hari. “Gubernur Bali mempersiapkan kebijakan ini dengan mengkalkulasi berbagai kemungkinan dan me-manage dengan baik. Ternyata hasilnya Bali aman-aman saja, sehingga kesuksesan ini dilanjutkan dengan kebijakan baru dimana orang yang masuk Bali tanpa karantina dan kondisi pandeminya juga aman, kemudian kesuksesan Bali ditiru oleh daerah lain,” kata Jenderal Polisi (Purn.) Muhammad Tito Karnavian sembari mengapresiasi Gubernur Wayan Koster, karena Bali sudah menggelar pawai secara kolosal dan tidak lagi online, hybrid di ajang PKB. Hp-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button