Lomba Tari se-Bali Sekaa Gong Dharma Kumara Gulingan

Sekda: Tetap Lestarikan Adat, Agama dan Budaya

BADUNG, MataDewata.com | Ditandai dengan memukul gong, Sekda Wayan Adi Arnawa yang mewakili Bupati Badung membuka Lomba Tari se-Bali yang diselenggarakan oleh Sekaa Gong Dharma Kumara, Banjar Tengah Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, bertempat di Wantilan Serbaguna Banjar Tengah, Desa Gulingan Sabtu (10/8/2024). Sebagai wujud dukungan, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana dari Pemkab Badung sebesar Rp30 juta.

Turut hadir Camat Mengwi, Perbekel Desa Gulingan, Bendesa Adat Gulingan, Ketua BPD serta para peserta lomba tari.

Dalam sambutannya Sekda Adi Arnawa menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya dan menyambut baik atas terselenggaranya acara ini. Selaku Pemerintah sangat bangga karena program pemerintah melalui Bupati Nyoman Giri Prasta perhatiannya terhadap seni, adat dan budaya menjadi bidang yang sangat prioritas di dalam pelestarian agama, adat, seni dan budaya, karena program inilah sebagai ujung tombak pariwisata di Kabupaten Badung.

Baca juga :  Talkshow Petani Milenial Warnai Koster Pasar Gotong Royong di Tabanan

“Saya berharap generasi muda harus terus bergerak menciptakan inovasi-inovasi baru di bidang kesenian, khususnya seni tari agar ke depan tidak terjadi stagnasi atau klaim dari negara lain tentang tarian daerah seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini mesti dilaksanakan secara berkelanjutan dan Pemkab Badung akan siap membantu, memotivasi serta mendukung,” ujar Adi Arnawa.

Baca juga :  Sekda Dewa Made Indra Terima Kunker Reses Komisi II DPR RI di Provinsi Bali

Sementara Ketua Sekaa Gong Dharma Kumara I Made Billy Ambara menyampaikan terima kasih kepada Bupati yang dalam hal ini diwakili Sekda Badung yang sudah mensupport dan memberikan bantuan dana sehingga acara ini dapat terselenggara. Dilaporkan juga kegiatan lomba tari ini meliputi beberapa tarian diantaranya Tari Condong diikuti 16 penari, Tari Teruna Jaya 7 penari, Tari Topeng Keras Kendang Berpasangan 8 pasang yang pesertanya berasal dari berbagai Kabupaten/Kota se-Bali.

Baca juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Ageng Bhatara Turun Kabeh di Pura Puseh Bale Agung Padangan

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat tercipta dan menjaga kelestarian adat, seni dan budaya yang adi luhung, untuk itu kami mengharapkan juga agar bisa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak khususnya Pemkab Badung baik secara moral dan material sehingga kami dapat menyelenggarakan kegiatan ini setiap tahunnya,” harapnya. Hb-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button