Lomba Baca Puisi Bali Modern Tingkat SD se-Kecamatan Abiansemal

Sekda Adi Arnawa: Bahasa Bali, Bahasa Ibu yang Harus Dilestarikan

BADUNG, MataDewata.com | Sekretaris Daerah Kabupaten Badung l Wayan Adi Arnawa hadir sekaligus membuka Wimbakara Ngwacen (Lomba Membaca) Puisi Bahasa Bali Modern Tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Abiansemal yang ditandai dengan pemukulan kentongan.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Paiketan Pelestari Bahasa Bali Kecamatan Abiansemal mengusung Tema “Kalangan Sastra Ngawi Indonesia Mahardika” yang artinya Melalui Keindahan Sastra Kita Wujudkan Indonesia Yang Mahardika, mendatangkan tiga Juri yakni Penyuluh Agama dari Kementerian Agama, Penyuluh Bahasa Bali Provinsi Bali dan Juri dari Dosen Sastra Bali di Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja.

Acara yang digelar di Wantilan Desa Adat Lambing Sibangkaja, Abiansemal, Badung, Sabtu (10/8) pagi, turut dihadiri anggota DPRD Badung l Putu Dendy Astra Wijaya, MDA Abiansemal, Camat Abiansemal lB. Putu Mas Arimbawa, Bhabinkamtibmas/Babinsa Sibangkaja, Perbekel Sibangkaja Ni Nyoman Rai Sudani, Bendesa Adat Sibangkaja l Made Ciriartha, Bendesa Adat Lambing Sibangkaja l Made Juliantara Kelihan Adat/Dinas Lambing dan peserta lomba.

Baca juga :  Sekda Dewa Indra Lepas Kontingen Bali ke LT-V dan Karang Pamitran Nasional Tahun 2023

Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Pemkab Badung, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana kegiatan Kesra secara simbolis sebesar Rp20 juta diterima Ketua Panitia Ida Bagus Putra Dharma Yoga. Dikatakan, kegiatan lomba membaca puisi Bahasa Bali itu adalah kegiatan yang sangat positif, dan diberikan apresiasi. “Saya hadir dan memberikan apresiasi serta bangga atas terselenggaranya kegiatan lomba membaca puisi Bahasa Bali ini. Karena Bahasa Bali itu adalah Bahasa Ibu yang patut kita lestarikan, terima kasih kepada panitia penyelenggara,” ujarnya.

Baca juga :  Lembaga dan Organisasi Bertemu dengan Ny. Putri Koster

Disamping menjaga warisan budaya, secara tidak langsung anak-anak dari usia dini bisa lebih mengenal dan cakap berbahasa Bali. “Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi Anak-anak kita tidak lupa berbahasa Bali yang baik dan benar,” imbuhnya.

Adi Arnawa juga menegaskan, Bali merupakan daerah destinasi wisata dan mengajak warga untuk bersama-sama menjaga agar Bali khususnya Badung tetap menjadi daerah pariwisata yang menjadi kunjungan wisatawan. ”Ingat Bali ini mempunyai pesona, memiliki daya tarik karena memiliki karakter budaya yang unik dan daerah lain tidak memiliki budaya seperti ini, maka dari itu mari bersama-sama menjaga budaya kita, salah satunya kegiatan budaya Bahasa melalui lomba baca puisi berbahasa Bali,” tegasnya.

Baca juga :  Sekda Alit Wiradana Buka HLM TPAKD, Dorong Terobosan dan Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Ida Bagus Putra Dharma Yoga melaporkan bahwa Wimbakara Ngwacen Puisi Bali Modern Tingkat SD se-Kecamatan Abiansemal tersebut kegiatan lomba yang ketiga kalinya dan merupakan kegiatan rutin setahun sekali, dengan tujuan untuk melatih anak-anak berbahasa Bali yang baik dan benar.

Bahasa Bali tetap ajeg, tetap ngadeg dan dalam rangka melestarikan Bahasa Bali. Disampaikan juga bahwa kegiatan Wimbakara Ngwacen Puisi Bali Modern Tingkat SD se-Kecamatan Abiansemal itu Penggagasnya dari Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa pada tahun 2021. Dan berharap kepada Pemerintah Kabupaten Badung agar kegiatan selanjutnya juga dibantu. Hd-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button