Sari Galung: Kita Kuatkan Stok Darah PMI di Tengah Pandemi

Menjadi Agenda Berkelanjutan Penuhi Stok Darah

DENPASAR, MataDewata.com | Perempuan Sarinah PDI Perjuangan Provinsi Bali bekerjasama dengan DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar dan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali mengadakan aksi donor darah bertempat di Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Jumat (10/6/2021). Kegiatan tersebut serangkaian Bulan Bung Karno Tahun 2021.

Ketua Pelaksana Donor Darah, Ni Wayan Sari Galung mengatakan, kegiatan pertama dilaksanakan tanggal 22 November 2020, dan kegiatan kedua kali ini juga serangkaian peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang akan jatuh tanggal 14 Juni 2021. Kegiatan yang dilaksanakan dengan pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat ini berhasil mengumpulkan 116 kantong darah dari berbagai golongan.

Baca juga :  PDDI Bali Sukseskan Donor Darah Fakultas MIPA Unud

Anggota Komisi IV DPRD Kota Denpasar ini menjelaskan, kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Diharapkan dengan semangan Bulan Bung Karno mampu meningkatkan semangat perjuangan melalui aksi donor darah. “Sesuai slogan, setetes darah sangat berarti,” ujar Sari Galung yang juga Wakil Ketua Bidang Nelayan DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali itu.

Kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 ini juga bertujuan untuk memenuhi stok darah di PMI yang akhir-akhir ini mulai kewalahan karena tingginya kebutuhan akan darah di rumah beberapa rumah sakit. Tidak hanya diikuti peserta dari sayap partai PDI Perjuangan, donor darah juga diikut masyarakat dari berbagai latar belakang dan profesi.

Baca juga :  Segera Bangun Tiga TPST, Pemkot Denpasar Konsultasi dengan LKPP
Ik/MD-BBK-PB//1/2021/f1

Pada kesempatan yang sama Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Provinsi Bali, dr. I Gede Wiryana Patra Jaya mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan Perempuan Sarinah PDI Perjuangan Provinsi Bali bekerjasama dengan DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar. “Gerakan ini, telah dilakukan secara berkelanjutan dalam berbagai momentum. Harapannya kegiatan sama digelar oleh PDI Perjuangan di tingkat Kabupaten/Kota di seluruh Bali,” ujarnya.

Baca juga :  Donor Darah Menyambut HBP ke-60 di Kanwil Kemenkumham Bali

Selain kegiatan donor darah, pada kesempatan tersebut Sarinah PDI Perjuangan Provinsi Bali bekerjasama dengan DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar juga menggandeng Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, dengan pelayanan pijat tradisional dari kepala hingga kaki serta jasa meramal. “Masyarakat yang donor juga bisa pijat dan diramal,” tutup Sari Galung. Ac-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button