Perayaan Idul Adha, LDII Bali Bagikan 10 Ribu Besek Daging Kurban

DENPASAR, MataDewata.com | Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Bali pada perayaan rari raya Idul Adha 1443 H tahun ini, membagikan 10 ribu besek (paket) daging kurban kepada masyarakat di Kabupaten dan Kota se Bali.

Wakil Ketua DPW LDII Provinsi Bali, H. Hardilan, SH,. mengatakan, untuk LDII seluruh Bali dipotong sebanyak 103 ekor sapi dan 220 ekor kambing. Daging kurban tersebut selanjutnya dibagikan kepada warga yang membutuhkan. Dalam pembagian tidak memandang kelompok, agama, suku dan ras.

Baca juga :  Penyineban Karya, Pj. Gubernur Bali Nuek Bagia Pula Kerti di Pura Agung Besakih

“Denpasar mendapat 3.500 paket, Badung (3.500 paket), Tabanan (1.000 paket), Jembrana (500 paket), (500 paket), Karangasem (500 paket) dan Gianyar sebanyak 500 paket,” ujar H. Hardilan di sela-sela kegiatan pemotongan hewan kurban yang berlangsung di Sekretariat LDII Bali, Minggu (10/7/2022).

Dijelaskan karena harga hewan meningkat sehubungan terjadinya PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang menyerang ternak khususnya sapi dan kambing sehingga jumlah hewan yang dipotong sedikit berkurang sekitar 20%. Namun jumlah paket daging korban ynag dibagikan diusahakan tetap sama dengan tahun sebelumnya.

Baca juga :  Wali Kota Jaya Negara Bersama Jajaran Hadiri Puncak Karya Pediksan di Griya Gede Bajing Kesiman

Ia menuturkan, kambing yang sebelumnya harganya Rp1,5 juta kini menjadi Rp2,5 juta bahkan lebih. Demikian pula harga sapi yang mencapai Rp20 juta dengan berat sekitar 400 kg. Untuk pembagian daging kurban dilakukan secara door to door atau ke rumah-rumah warga

Melibatkan pecalang dan Desa Adat/ Bendesa setempat sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Sementara untuk memastikan kesehatan hewan kurban juga sudah ada pengecekan dari Dinas Peternakan Provinsi Bali dan Prodi Kedokteran Hewan Unud. “Dari hasil pengecekan semua dinyatakan aman,” katanya. Ns-MD

Baca juga :  Bupati Tabanan Hadiri Karya Pitra Yadnya Ngaben Masal Warga Desa Subamia

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button