Kuatkan Pelaku UMKM, DiskopUKMP Badung Edukasi Pentingnya Izin Berusaha

BADUNG, MataDewata.com | Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DiskopUKMP) Kabupaten Badung kembali menuangkan bentuk dukungannya terhadap penguatan pelaku usaha mikro dalam acara bertajuk “Fasilitasi Kemudahan Perizinan Berusaha UMKM” yang berlangsung, Senin (10/6/2024) di Ruang Rapat Cempaka DiskopUKMP Kabupaten Badung.

Acara yang bertujuan untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro dalam pemenuhan perizinan berusaha ini diikuti 30 peserta, meliputi pelaku usaha mikro dan calon wirausaha yang ada di Kabupaten Badung. Acara dibuka secara resmi Kepala DiskopUKMP Kabupaten Badung, I Made Widiana, S.Sos. M.Si.

Dikatakan, pelaksanaan fasilitas perizinan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Badung, saat ini melibatkan narasumber dari berbagai pihak dalam mengedukasi pentingnya izin berusaha bagi pelaku usaha. “Hari ini kita melaksanakan fasilitas perizinan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Badung dengan melibatkan narasumber dari berbagai pihak, salah satunya BPOM dalam memfasilitasi terkait izin produksi dan masa berlakunya. Izin ini sangat diperlukan sekali agar produk UMKM bisa diterima di pasar,” ujarnya.

Ik-MD-ITB STIKOM Bali//6/2024/fm

Selebihnya Ia menekankan bahwa, pelaku usaha mikro yang tidak memiliki izin berusaha, akan susah mendapat pangsa pasar, sehingga produk yang ditawarkan akan susah dipromosikan nantinya, sebab tidak memiliki label izin usaha. “Apabila pelaku usaha tidak memiliki izin tentu tidak akan bisa diterima pasar. Perizinan ini memegang peranan sangat penting dalam memegang pasar, apabila produk yang sudah dilengkapi izin, harapannya dapat memperluas produknya,” pungkas Made Widiana.

Salah satu narasumber dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Denpasar yakni Putu Ekayani menegaskan bahwasannya, produk kosmetik, obat tradisional dan makanan itu wajib memiliki izin BPOM. Serta pihaknya akan membantu pelaku usaha di Kabupaten Badung dalam izin berusaha.

“Saat ini di BPOM ada badan pendampingan UMKM, jadi bisa bersinergi dengan program pemerintah yang ada di Kabupaten Badung untuk kita fasilitasi, baik dari pengujian maupun izin edar. Nah, di sini nanti kita dampingi dari awal proses sampai izin edar terbit,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini, DiskopUKMP Kabupaten badung mengajak para pelaku usaha dan calon wirausaha agar memahami pentingnya izin berusaha, legalitas dalam peredaran produk dan juga membantu memfasilitasi pelaku UMKM mendapatkan NIB. Kb-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button