Jelang Pemilu 2024, FH Unmas Denpasar Kuatkan Wawasan Kebangsaan Para Mahasiswanya

Gelar Kuliah Umum Hadirkan Mahkamah Konstitusi

DENPASAR, MataDewata.com | Kuatkan wawasan kebangsaan bagi mahasiswanya, Fakultas Hukum (FH) Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar kembali menggelar Kuliah Umum bekerja sama dengan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI). Bertajuk “Wawasan Kebangsaan di Lingkungan Kampus, Tantangan dan Solusi”, Sabtu (10/6/2023).

Acara yang dimoderatori langsung Dekan FH Unmas Denpasar, Dr. Ketut Sukawati P Perbawa. SH.,MHum., ini menghadirkan Prof. Dr Arief Hidayat. SH.,MS., mantan Ketua MK RI periode 2015-2017 dan Prof. Dr Enny Nurbaningsih.S.H.,M.Hum., seorang Hakim Konstitusi Perempuan di Indonesia. Diikuti Rektorat beserta jajaran, seluruh Dekan di lingkungan Unmas Denpasar, LPPM, LPMI dan 250 orang mahasiswa dari 7 Fakultas yang ada di Unmas Denpasar.

Baca juga :  KUI Unud Ikuti Rapat Bahas Program Annual Meeting for Asia and ASEAN Center for Educational Research

Pada paparannya Prof. Enny Nurbaningsih menyampaikan, pelaksanaan kuliah umum sebagai bagain dari sosialisasi MK-RI membumikan Konstitusi dan Pancasila di seluruh daerah di Tanah Air. “Tidak hanya di Universitas Mahasaraswati Denpasar tapi hampir di seluruh perguruan tinggi. Kami melakukan sosialisasi ini berkaitan dengan Pancasila maupun Konstitusi,” tegasnya.

Lanjut ditegaskan Prof. Dr Arief Hidayat, Melalui materi yang disampaikan diharapkan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa lebih menguatkan dari dalam mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Baca juga :  Kuliah Dulu Bayarnya setelah Bekerja di Jepang? Emang Ada?

Dekan FH Unmas Denpasar, Lanang Perbawa diakhir seminar menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Mahkamah Konstitusi selalu berbagi ilmu dalam kuliah umum yang digelar pihaknya. “Terlebih sekarang ini sudah menjelang Pemilu 2024, sehingga pencerahan dan ilmu tentang kebangsaan sangatlah penting,” tegasnya.

Pria yang pernah menjabat Ketua KPU Provinsi Bali ini menambahkan, kerja sama Kuliah Umum FH Unmas Denpasar dengan MK-RI telah terjalin sejak tahun 2021 dan menjadi agenda rutin. “Semoga seluruh mahasiswa mendapatkan pemahaman dan pendalaman Pancasila, baik itu dosen, mahasiswa hingga civitas akademika di lingkungan Unmas Denpasar,” tandas Lanang Perbawa. Ln-MD

Baca juga :  Prof. Fadel Muhammad Buka Wawasan Enterprenership dalam Pengelolaan Pemerintah Daerah di FP Unud

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button