Rahina Tumpek Landep Pura Santi Laksanakan Odalan Terapkan Prokes Ketat

GIANYAR, MataDewata.com | Bertepran dengan Rahina Tumpek Landep, Sabtu (9/4/2022) pengempon Pura Santi Kawitan I Ratu Ngurah Agung Pasek Bandesa Panca Sanak Sapta Murti di Banjar Tibekauh, Melinggih Kelod Payangan, Gianyar melaksanakan Odalan. Dipuput oleh Jro Mangku Gde Pura Santi, I Wayan Warnata pelaksanaan odalan berjalan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang baik. Pemedek juga diwajibkan turut menjaga kebersihan lingkungan pura agar terbebas dari sampah, sebagai bentuk dukungan untuk pemerintah menuju Bali GO Green.

Baca juga :  Pelebon Ida Pandita Mpu Rekadnyana Siddantha

Ketua Panitia, Wayan Tagel Arjana menjelaskan untuk mencegah membludaknya ribuan penangkil di Pura Santi, pihaknya mengatur skema persembahyangan, bahkan para penangkil diwajibkan mematuhi Prokes yang telah ditetapkan Pemerintah Provinsi Bali. Tidak hanya itu saja, untuk melayani ribuan penangkil pihaknya sudah mempersiapkan 250 pemangku untuk memberikan wangsuhpada (Tirta/Air Suci) Ida Bhatara Kawitan selama dua hari.

“Banyaknya penangkil yang mengikuti persembahyangan, untuk bisa berjalan lancar kami mengatur persembahyangan, agar mencegah terjadi keramian,” paparnya lanjut mengatakan untuk tetap menjaga kesucian pura, pemedek diharuskan ikut menjaga kebersihan pura, dengan tidak membuang sampah sembarangan usai melaksanakan persembahyangan. “Sampah plastik harus dibuang pada tempat yang telah disediakan disekitar pura,” tegasnya.

Baca juga :  Ida Pangelingsir Agung Resmikan Kantor PHDI P Karangasem

Sementara Jro Bandesa Gede Pura Santi, I Wayan Suwita sangat mengapresiasi para penangkil, pengayah serta para pecalang yang mengikuti aturan Prokes yang telah ditetapkan demi kelancaran pelaksanaan odalan di Pura Santi. Diakuinya saat era pandemi Covid-19 saat ini memang cukup berbeda dalam menjalankan odalan di pura. Sehingga pihaknya berharap, agar pandemi segera berlalu dan pariwisata bisa kembali pulih agar roda perekonomian di Bali bisa kembali bangkit.

Baca juga :  Tawur Agung Kesanga di Denpasar Dipuput Sarwa Sadhaka

“Saya apresiasi para petugas keamanan serta para pemedek dan pengayah pura, sudah melaksanakan pujawali dengan Prokes,” pungkasnya. Kp-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button