BI Sosialisasikan QRIS TUNTAS, Bisa Transfer dan Tarik atau Setor Tunai

BADUNG, MataDewata.com | Bank Indonesia (BI) sosialisasikan tiga fitur QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) TUNTAS yang bisa melayani transfer dan tarik maupun setor tunai. Menghadirkan Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Arya Rangga Yogasati yang berlangsung di Hotel Alila Seminyak, Badung, Bali, Jumat (8/12/2023).

QRIS TUNTAS merupakan singkatan dari QRIS Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai

“Tiga fitur tersebut diarahkan mendukung stabilitas sistem pembayaran dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. sekaligus mendorong inklusi melalui perluasan akses pembayaran digital kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat kecil,” jelas Rangga.

Dipaparkannya, pengguna dapat memindai QRIS menggunakan aplikasi pembayaran yang telah terhubung antar penyedia jasa pembayaran (PJP) baik bank maupun lembaga selain bank. “Ini yang membedakan kehadiran Tuntas dari fitur QRIS sebelumnya yang hanya bisa digunakan untuk pembayaran,” jelas Rangga.

BI mencatat sebanyak 29,63 juta merchant telah menggunakan QRIS dengan 92 persen di antaranya merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). “Dari 29 juta lebih pengguna merchant QRIS payment, jika mereka ingin menjadi agen QRIS TUNTAS, mereka harus memenuhi persyaratan tertentu untuk memastikan keamanan masyarakat,” terang Rangga lebih lanjut.

Ik-MD-BPB-BDP//17/2023/fm

Ditegaskan, merchat yang ingin menjadi agen QRIS TUNTAS paling tidak sudah memenuhi persyaratan menjadi agen Layanan Keuangan Digital (LKD) BI ataupun agen Laku Pandai Otoritas Jasa Keuangan (OJK). “Jadi sebenarnya bukan registrasi ulang tapi mereka harus melalui tahapan lagi,” imbuhnya.

PJP juga diminta untuk turut memastikan agen QRIS TUNTAS yang terkoneksi dengannya merupakan agen yang telah memenuhi persyaratan BI sehingga terbukti kredibel. “Kita tidak ingin masyarakat menggunakan QRIS TUNTAS yang kita tidak tahu kinerja atau performance merchant tadi. Yang dikhawatirkan dana masyarakat disalahgunakan,” tandas Rangga.

Adapun agen QRIS TUNTAS dapat melayani kebutuhan tarik dan setor tunai masyarakat dengan sumber dan tujuan rekening yang tidak hanya rekening bank, tapi juga rekening digital. QRIS TUNTAS menjadi inovasi layanan terbaru QRIS untuk memudahkan pengguna dalam tarik tunai dan setor hanya dengan memindai atau scan kode QRIS merchant. Tm-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button