Bank Indonesia Sosialisasikan QRIS TUNTAS: Dengan Fitur Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai

BADUNG, MataDewata.com | Bank Indonesia mensosialisasikan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai) di Badung, Jumat (8/12/2023). Sistem pembayaran melalui inovasi QRIS berkelanjutan ini bersinergi dengan industri dan seluruh pemangku kepentingan.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Fitria Irmi Triswati menyampaikan QRIS TUNTAS untuk memfasilitasi aktivitas ekonomi di masyarakat, khususnya di daerah 3T (tertinggal, terpencil dan terdepan). QRIS TUNTAS juga diharapkan dapat memperluas akses pembayaran digital serta meningkatkan interkoneksi antara penyelenggara dan sumber dana.

Ik-MD-OJK//2/2023/fm

Triswati menegaskan, QRIS TUNTAS memungkinkan penggunanya melakukan transfer dana secara peer-to-peer. Selain itu dapat melakukan setor tunai dan tarik tunai di ATM atau agen QRIS TUNTAS. Caranya dengan memindai QRIS TUNTAS menggunakan aplikasi terintegrasi antarbank/antar non-bank.

QRIS TUNTAS dapat dipasangkan dengan sumber dana (akun simpanan bank) yang sudah ada atau uang elektronik yang telah dilengkapi fitur notifikasi bagi pengguna. Implementasi QRIS didukung dengan skema harga yang lebih efisien dibandingkan layanan serupa.

Peluncuran QRIS TUNTAS telah melewati fase uji coba industri. Peserta ujinya berjumlah 16 PJP (penyedia jasa pembayaran) dan PIP (penyelenggara infrastuktur sistem pembayaran). Dan beberapa PJP dan PIP telah mengimplementaskan QRIS TUNTAS. Triswati mengungkapkan, jumlah transaksi QRIS pada hingga Oktober 2023 mencapai 1,6 miliar transaksi dengan pengguna QRIS sebanyak 43 juta dan 29,6 juta merchant QRIS serta didukung 110 PJP QRIS dan 4 PIP.

Pada kesempatan sama, narasumber Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Arya Rangga Yogasati menambahkan kauntungan QRIS TUNTAS dapat melayani antarbank dan juga non-bank. Selain itu, QRIS menyediakan skema harga yang efisien. Di akhir acara, dilakukan simulasi penarikan tunai di anjungan ATM Bank Mega dengan fitur QRIS TUNTAS kemudian dilanjutkan simulasi transfer melalui agen dan setor tunai juga melalui agen. Tm-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button