Gubernur Bali Canangkan Tumpek Krulut Sebagai Rahina Tresna Asih

Sebelumnya Sukses Rayakan Rahina Tumpek Uye Serentak

DENPASAR, MataDewata.com | Sukses laksanakan Tumpek Uye serentak pertama kali oleh pemerintah, Gubernur Bali Wayan Koster kini kembali mencanangkan Rahina Tumpek Krulut sebagai Perayaan Hari Tresna Asih/Hari Kasih Sayang. Dituangkan dalam Surat Edaran Gubernur Bali (SE) No: 04 Tahun 2022 tentang Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali berdasarkan Nilai-nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru, Selasa (8/2/2022).

Selama ini, sejumlah masyarakat Bali merayakan Valentine Day setiap tanggal 14 Pebruari sebagai hari Kasih Sayang, yang sesungguhnya bukan merupakan budaya Bali. “Sudah waktunya, kita melaksanakan Hari Tresna Asih/Hari Kasih Sayang pada setiap Rahina Tumpek Krulut, yang kita miliki di Bali sebagai warisan adiluhung dari leluhur, yang sepatutnya dilestarikan, disosialisasikan dan dilaksanakan oleh pemerintah bersama masyarakat Bali,” tegas Gubernur Wayan Koster.

Baca juga :  Bupati Giri Prasta: Badung Komit Laksanakan Pembangunan Desa Antikorupsi Secara Masif
Ik-MD-RTB-PN//6/2022/f1

Ia juga mengajak pada saat Rahina Tumpek Krulut mendatang yang jatuh pada Sabtu/Saniscara Kliwon, Krulut tanggal 23 Juli 2022 nanti, seluruh masyarakat Bali dihimbau agar melaksanakan perayaan secara niskala dan sakala. Gubernur Bali berharap perayaan Rahina Tumpek dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga menjadi laku hidup/gaya hidup/lifestyle masyarakat Bali.

“Perayaan Rahina Tumpek merupakan salah satu upaya yang sangat fundamental, esensial dan strategis dalam membangun karakter, jati diri dan kualitas kehidupan masyarakat Bali. Menghadapi dinamika perkembangan zaman dan modernisasi dalam skala lokal, nasional dan global,” tutup Politisi PDI Perjuangan asal Desa Sembiran, Buleleng itu.

Baca juga :  Gubernur Wayan Koster Dampingi Menhub Budi Karya Sumadi Tinjau Pembangunan Pelabuhan Sanur dan Terminal VVIP Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai
Ik-MD-WOD-BNN-6/2022/f1

Sebagaimana diketahui sebelumnya, untuk pertama kalinya pemerintah bersama masyarakat telah melaksanakan Perayaan Rahina Tumpek Uye secara serentak di seluruh Bali pada hari Sabtu/Saniscara Kliwon, Uye tanggal 29 Januari 2022 dengan lancar dan sukses. Seluruh komponen masyarakat Bali mulai dari Pemerintah Provinsi Bali; Lembaga Vertikal di Bali; Pemerintah Kota/Kabupaten se-Bali; Majelis Desa Adat Provinsi Bali hingga seluruh Masyarakat Bali menyambut dengan semangat, antusias penuh dedikasi merayakan Rahina Tumpek Uye. Wk-MD

Baca juga :  Dorong Investasi Berkualitas, Bank Indonesia Selenggarakan Investment Talk Bali Jagadhita 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button