Bank BPD Bali Mudahkan WP dengan Layanan Samsat VAST

DENPASAR, MataDewata.com | Mendukung penuh pelayanan Samsat kendaraan bermotor di Bali, Bank BPD Bali terus memfasilitasi tranformasi melalui layanan berbasis digital. Kali ini dengan Samsat Virtual Acount Samsat (VAST) dengan pembayaran non tunai. Direktur Operasional Bank BPD Bali, Ida Bagus Gede Setiayasa, S.Kom., M.M., mengatakan upaya ini sekaligus membantu Pemerintah Provinsi Bali untuk meningkat Pendapatan Asli Daerah (PAD) di era pandemi Covid-19.

Ik/MD-PV-ARR//8/2021/f1

Dijelaskannya, adanya pengembangan sistem layanan berbasis aplikasi ini bertujuan mempermudah dan memperlancar pembayaran pajak kendaraan bermotor. Karena bisa dilakukan ebih cepat, mudah dan efektif, sehingga secara langsung mempercepat elektronifikasi transaksi penerimaan pemerintah daerah yang dicanangkan Bank Indonesia. Menjadikan layanan VAST sebagai salah satu target utama kerjasama dengan Pemprov Bali, melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Baca juga :  Smartfren Makin Unlimited dengan Extra Unlimited Malam
Ip/MD-BI-EB//31/2021/f1

“Dalam layanan pembayaran VAST tidaklah begitulah sulit, dimana ketika WP (Wajib Pajak, red) ingin menggunakan layanan cukup dengan mendatangi UPT Samsat untuk mendaftar, maka nomor pendaftaran dijadikan nomer virtual. Sehingga program ini merupakan suatu bentuk dorongan Bank BPD Bali dalam mendorong peran Pemda dalam meningkatkan transaksi non tunai,” jelas Ida Bagus Setiayasa saat dihubungi di Denpasar, Senin (8/2/2021).

Baca juga :  Harga Stabil, Wali Kota Jaya Negara Dampingi Menteri Zulkifli Hasan di Pasar Kereneng
Ip/MD-PV-TS//30/2021/f1

Melalui Samsat VAST masyarakat wajib pajak bisa melaksanakan kewajiban membayar pajak secara tepat, efektif dan efisien. Proses pembayaran pajak melalui pelayanan samsat VAST hanya berbeda dalam hal pembayaran melalui non tunai. Secara teknis WP yang telah melengkapi semua persyaratan akan mendapat penjelasan di bagian informasi. Kemudian masyarakat di beri pilihan akan membayar pajak secara tunai atau non tunai. Apabila memilih membayar secara non tunai, berkas WP akan di tandai dan di arahkan melanjutkan proses pembayan ke loket non tunai BPD Bali.

Baca juga :  Kalaborasi OJK dan Bank BPD Bali Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa di Karangasem
Ip/MD-IKM-BB//31/2021/f1

Dijelaskannya layanan VAST sudah bisa dilakukan di UPT Samsat di Kota Denpasar dan akan segera bisa dilaunching dalam waktu dekat secara menyeluruh se-Bali. “Keunggulan aplikasi VAST kita lebih cepat dalam membayar Samsat kendaraan, ketika WP kekurangan uang mereka tinggal mendebet tabungan saja, jadi kalau kekurangan uang untuk membayat tidak perlu ke ATM atau pulang untuk ambil uang,” paparnya menjelaskan keunggulan melalui sistem tranfer dalam melakukan pembayaran. MD-9

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button