Kanwil Kemenkumham Bali Gelar Apel Siaga dan Razia Gabungan pada Lapas Singaraja

Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban jelang HBP ke-60

BULELENG, MataDewata.com | Menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali melalui Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Singaraja menggelar Apel Siaga dan Razia Gabungan bersama aparat penegak hukum TNI/Polri dan BNNK Kabupaten Buleleng, Jumat (5/4/2024).

Dipimpin langsung Kalapas Singaraja, I Wayan Putu Sutresna ini diikuti oleh seluruh jajaran petugas Lapas, Kasat Narkoba Polres Buleleng beserta anggota, BNNK Buleleng serta Kodim 1609 Kabupaten Buleleng. Kalapas menekankan komitmen untuk menjadi Lapas semakin tertib dan bebas dari gangguan keamanan.

Ik-MD-OJK//1/2023/fm

Ia juga meminta kerjasama dari semua pihak, termasuk TNI, Polri, dan BNNK, untuk mewujudkan hal tersebut. “Apel siaga ini merupakan bentuk komitmen kami untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Lapas Singaraja, kami juga ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa Lapas Singaraja telah bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya dalam menciptakan lingkungan yang kondusif,” tegas Sutresna.

Apel dilanjutkan dengan yel-yel Kemenkumham dan doa bersama. Kemudian, diadakan razia gabungan di seluruh kamar hunian lapas yang melibatkan tim gabungan dari Lapas, TNI, Polri dan BNNK.

Hasil razia menemukan beberapa barang yang dilarang berupa gelas kaca, kurisan, botol kaca, kabel Listrik, ⁠cutter, korek gas, sendok besi, gunting dan kipas portabel. Barang hasil razia gabungan tersebut langsung disita dan akan dimusnahkan.

“Barang-barang yang dilarang ini dapat membahayakan keselamatan dan keamanan warga binaan maupun petugas, oleh karena itu, razia gabungan ini akan terus dilakukan secara rutin untuk mencegah masuknya barang-barang terlarang ke dalam lapas.” terang Sutresna.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Bali, Pramella Yunidar Pasaribu dalam keterangan tertulisnya menyampaikan apresiasi terhadap kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan apel siaga dan razia gabungan yang dilaksanakan. Kakanwil Pramella berharap sinergi antara Lapas Singaraja dan aparat penegak hukum lainnya dapat terus terjaga untuk mewujudkan Lapas yang bersih dan bebas dari narkoba.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk pemberantasan penggunaan barang terlarang di dalam lapas, seperti handphone dan pungutan liar serta meningkatkan kewaspadaan dan menegakkan kedisiplinan di dalam Lapas Singaraja. Selepas kegiatan razia gabungan dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama APH di Aula Nusantara Lapas Singaraja.

Melalui semangat kebersamaan antara Lapas Singaraja dan aparat penegak hukum, diharapkan dapat terus terjaga keamanan dan ketertiban di dalam Lapas, menjadikan peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 sebagai momentum yang bermakna dalam upaya peningkatan kualitas Pemasyarakatan yang berdampak. Kh-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button