Pengambangan Kerja Sama Antar Lembaga, Unwar Tandatangani MoU dengan Pemda Sumba Barat Daya

Tingkatkan Kualitas SDM dan Dukung Pengelolaan Potensi Daerah

SUMBA BARAT DAYA, MataDewata.com | Kembangkan kerja sama antar lembaga Tim Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (Unwar) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Sumba Barat Daya. Kegiatan yang sekaligus diisi Sosialisasi Program Pascasarjana Unwar tersebut dilaksanakan di Aula Pemda setempat, Senin (5/3/2023).

Tim Program Pascasarjana Universitas Warmadewa yang dipimpin oleh Wakil Direktur II, Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, M.Si., bersama Kaprodi Magister Sains Pertanian, Dr.Ir. I Dewa Nyoman Sudita, M.P., dan Dr. Drs. Nyoman Muliana, M.Si., WD III FS sekaligus dosen Magister Ilmu Linguistik diterima langsung Wakil Bupati Sumba Barat Daya di ruang kerjanya.

Ik-MD-BPD Bali-BP//1/2022/fm

Dilanjutkan penandatanganan MoU dan Sosialisasi yang dihadiri oleh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemda Sumba Barat Daya di Aula Pemda setempat. Wakil Bupati dalam sambutannya sangat mengapresiasi kedatangan Tim dari Warmadewa yang sudah menyiapkan program-program dalam membantu para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melanjutkan studi di S2 (Strata dua/ Magister).

Baca juga :  Unud Perpanjangan Nota Kesepahaman dengan BPN Bali

Lanjut Wakil Bupati juga sangat mendorong para ASN untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas pendidikan, bahkan ia sangat percaya Pascasarjana Unwar memberikan pelayanan yang terbaik dan menyiapkan berbagai kemudahan.

BPD-Contact -Center
Ik-MD-CC-BPD-Bali//7/2023/fm

Di sisi lain dalam kaitan kerja sama diharapkan ada tindak lanjut yang kongkrit dalam implementasi melalui kerjasama operasional dengan masing SKPD, terutama di bidang pemberdayaan sumber daya alam (SDA). Menurutnya potensi yang dimiliki daerahnya sangat besar namun sayangnya belum digarap dengan maksimal dan juga belum didukung peningkatan dari sisi teknologi yang baik.

Baca juga :  Kantor Urusan Internasional Universitas Udayana Gelar IISMA 2024 Preparation

“Sehingga belum memberikan nilai tambah hasil produksi. Oleh karena itu melalui kerja sama ini diharapkan membantu tenaga ahli. Unwar khususnya bisa membantu kita meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Pemda,” ujar Wakil Bupati Sumba Barat Daya.

Pada kesempatan sama, Wakil Direktur III Pascasarjana Unwar, Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, M.Si., menyampaikan bahwa Unwar khususnya Pascasarjana siap memberikan pelayanan yang terbaik. “Dari aspek metode pembelajaran bisa dilakukan secara Daring terutama bagi ASN, sehingga tidak mengganggu pekerjaannya,” terang Suyatna Yasa.

Ik-MD-KUR-BPD-Bali//2/2022/fm

Di samping itu pihak Unwar juga disampaikan telah bekerjasama dengan PT Dana Citra dalam membantu skim pendanaannya dengan suku bunga yang sangat rendah, sehingga masalah biaya bisa terbantu. Selanjutnya dari Kaprodi Magister Sains Pertanian menyampaikan bahwa potensi Sumba Barat Daya di sektor pertanian sangat besar.

Baca juga :  Makin Keren, ITB STIKOM Bali Siap Menuju Kampus Kelas Global

Dikenal sebagai daerah penghasil jagung, pihaknya siap untuk melakukan kerja sama dalam perbaikan teknologi budidaya dan pengolahannya dalam menggerakkan perekonomian masyarakat. “Oleh karena itu segera akan dibahas bersama Dinas Pertanian untuk merumuskan bentuk kerja sama lebih lanjut,” terangnya lanjut menyampaikan kerja sama juga bisa dilakukan di sektor lainnya. “Sektor yang lain bisa ditindaklanjuti oleh Prodi yang lain di Pascasarjana seperti pembinaan UMKM dan pengembangan potensi pariwisata,” jelasnya. Hp-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button