BJCW Perkuat UMKM Berdaya Saing Ekspor dan Cinta Produk Indonesia

DENPASAR, MataDewata.com | Puncak Bali Jagadhita Culture Week (BJCW) tahun 2021 berlangsung di Gedung Dharma Negara Alaya Kreatif Hub Denpasar, Rabu (6/10/2021). Kegiatan yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali ini untuk mendorong kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bali di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho berharap, UMKM terus berkembang tidak saja khusus bagi UMKM binaan dan mitra binaan Bank Indonesia saja, tetapi juga untuk seluruh UMKM di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. “Bank Indonesia juga berharap sinergitas seluruh pihak untuk memfasilitasi UMKM agar berkembang dan mandiri sehingga menjadi pilar perekonomian Indonesia yang kokoh untuk mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” harapnya.

Baca juga :  Ekonomi Bali Terus Tumbuh Menguat di Tahun 2022 dan 2023

Lebih lanjut disampaikan, BJCW 2021 diselenggarakan untuk mempromosikan produk-produk UMKM di dalam dan luar negeri, sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI). Kegiatan yang digelar kedua kalinya ini diikuti 9 UMKM produk kain dan tenun, 5 UMKM kriya, 5 UMKM makanan dan minuman serta 1 UMKM desain dan ekonomi kreatif.

“Kami tentu berharap penyelenggaraan event ini bisa memberikan Jagadhita (kebahagiaan dan kesejahteraan) bagi masyarakat Bali-Nusra dan UMKM,” ujar Trisno pada kegaiatan yang juga bertujuan meningkatkan kapasitas UMKM berorientasi ekspor melalui talkshow, serta kapasitas pemasaran dan pembayaran digital melalui on boarding UMKM.

Baca juga :  Jual Lukisan di Pinggir Jalan, Soma: Di Sini Jualan Aman Covid-19
Ik/MD-BPD-KUR//30/2021/f1

Secara luring hadir Anggota DPR RI Dapil Bali, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra mewakili Gubernur Bali, Wakil Wali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua Dekranasda Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Wakil Ketua Dekranasda Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa. Secara Daring atau online hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, serta Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo.

Baca juga :  Trisno Nugroho: Bali Sudah Tumbuh 6.04%

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno dalam sambutan singkatnya turut menyampaikan selamat atas terselenggaranya kegiatan tersebut dalam mendukung pemberdayaan sektor riil terutama UMKM, sekaligus dukungan terhadap GBBI. “Saya percaya dengan bangga berwisata di Indonesia dan bangga gunakan produk buatan Indonesia, saya yakin ekonomi Bali dan Ekonomi Indonesia akan segera pulih,” bebernya. MD-9

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button