Warisi Ilmu Perhitungan Waktu, Empat Perintis Kalender Bali Dihadiahi Penghargaan

GIANYAR, MataDewata.com | Yayasan Puri Kauhan Ubud memberikan penghargaan kepada empat perintis kalender caka Bali. Acara ini bertepatan dengan Festival Wariga Usadha Siddhi yang dilaksanakan di Taman Baca Ubud, Kamis (6/7/2023).

A.A.G.N. Ari Dwipayana selaku Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada empat tokoh yang mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam mengembangkan sistem kalender Bali. “Mereka telah memberikan warisan yang sangat berharga bagi masyarakat Bali,” ujar Ari Dwipayana.

Ik/MD-BPD Bali-KK//15/2023/fm

Empat tokoh tersebut ialah: Almarhum I Ketut Bangbang Gde Rawi; I Ketut Kebek Sukarsa; Drs. Ida Bagus Namayudha dan I Gede Marayana.

I Ketut Bangbang Gde Rawi lahir di Celuk, Sukawati, merupakan tokoh masyarakat yang selalu mengembangkan minatnya terhadap ilmu wariga, adat dan filsafat Agama Hindu. Mewarisi banyak pusaka lontar, sehingga nama beliau dikenal luas hingga tahun 1948/1949 Bangbang Gde Rawi membuat kalender Bali.

I Ketut Kebek Sukarsa sejak tahun 1970-1986 dipercaya sebagai Direktur percetakan Mabakti. Tahun 1982 beliau menyusun kalender Bali yang didalamnya memuat keterangan menyambut dan mengenang Gerhana Matahari Total pada Juni 1983.

Drs. Ida Bagus Namayudha lagir di Pejeng Gianyar melahirkan karya terkait wariga yang dipublikasikan oleh Direktorat Jendral Bimas Hindu Buda tingkat I Bali berjudul Wariga tahun 1993.

Ik-MD-BPD Bali-BP//1/2022/fm

I Gede Marayana berasal dari Buleleng merupakan praktisi wariga Bali dan menjadi penyusun kalender Caka Bali serta menciptakan penanggalan untuk 100 tahun ke depan. Karyanya telah dipakai sebagai warisan budaya tak benda di tahun 2019.

Penghargaan yang diberikan berupa plakat yang diterima atau diwakilkan oleh keluarga masing-masing tokoh pewaris wariga dan kalender Bali.

Selain acara pemberian penghargaan ini, Festival Wariga Usadha Siddhi juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti expo dan workshop usadha, wariga usadha pusaka, usadha urut, stand pawacalna wariga, numerologi, stqnd tarot, serta pentas seni. PA-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button