PDDI Bali Sukseskan Donor Darah Fakultas MIPA Unud

BADUNG, MataDewata.com | Gandeng PDDI Bali dan Unit Trnfusi darah (UTD) PMI Bali dan RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah, Program Studi (Prodi) Informatika Fakultas MIPA Universitas Udayana (Unud) gelar kegiatan sosial kemanusiaan donor daerah serangkaian kegiatan SUPREMASI XVII di Gedung Dekanat Fakultas MIPA Lantai III Universitas Udayana, Sabtu (6/4/2024).

Dekan Fakultas MIPA Prof. Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc.,Ph.D., sangat mengapresiasi program donor darah yang diselenggarakan oleh Prodi Informatika FMIPA Unud. Satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi. “Ini adalah salah satu dari cara kami mengabdi kepada masyarakat dengan menyumbangkan darah dari anak-anak kami maupun staf kami untuk kesehatan masyarakat,” kata Luh Watiniasih.

Baca juga :  Walikota Jaya Negara Lepas Penyemprotan Eco Enzyme se-Kota Denpasar

Ketua PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) Provinsi Bali, Ketut Pringgantara menyampaikan darah yang terkumpul akan dipersembahkan untuk para pasien di rumah sakit. Aksi kemanusiaan kali ini cukup menarik karena diikuti pendonor New Comer (baru) dari para mahasiswa.

Ik-MD-BPD Bali-BI//1/2023/fm

“Donor darah ini menjadi jembatan emas untuk mengatakan mereka sehat, makanya kami menyasar anak-anak muda, agar mereka tidak tergerus kehidupan negatif, dalam arti kehidupan seks bebas dan narkotika serta kehidupan yang menyimpang,” terangnya.

Bahkan, disebutkan donor darah sebagai filter yang kuat berupa kelembagaan yang kuat antara PDDI Bali, UTD RS dan PMI Provinsi Bali menjadi satu kekuatan utama, yang memfilter anak-anak muda supaya tidak tergerus oleh kehidupan-kehidupan parsial yang super merusak sendi-sendi kehidupan.

Baca juga :  Sari Galung: Kita Kuatkan Stok Darah PMI di Tengah Pandemi

Bahkan, donor darah dianggap sebagai kekuatan besar berbudaya bangsa ke depan, agar masyarakat Indonesia semakin sehat. “Anak muda supaya tahu bentuk utama pelayanan manusia itu melalui donor darah. Anak muda ini harus cerdas, sehat, berkarakter dan berbudaya sebagai pangsa pasar, mereka akan keluar negeri bekerja. Ini adalah identitas bangsa,” tambahnya.

MD-Ik-BPD Bali/1/2024/fm

Ketut Pringgantara juga sampaikan apresiasi kepada Fakultas MIPA Unud, terutama Program Studi Informatika, yang pertama kali mengadakan acara donor darah. “Hal ini adalah kebahagiaan kita bersama, karena ini program PDDI Go to Kampus telah berjalan dengan baik ,terutama generasi Z milenial ini kita sudah kerahkan,” kata Ketut Pringgantara.

Baca juga :  Golkar Bali Kumpukan 1.000 Lebih Kantong Darah dari Seluruh Bali

Kaprodi Informatika FMIPA Unud, DR.Ir. I Ketut Gede Suhartana, S.Kom.,M.Kom.,IPM., ASEAN.Eng., menegaskan pihaknya merasa terbantu melakukan kegiatan pengabdian masyarakatnya. “Dalam mengadakan acara donor darah, kami gandeng PDDI Bali, PMI Provinsi Bali dan UTD RSUP Prof Ngoerah,” ungkapnya.

Ketua Panitia Ngurah Kelvin Febryanta Lila Ananda menyampaikan kegiatan donor darah melibatkan 200 mahasiswa dan beberapa dosen civitas akademika FMIPA Universitas Udayana. Acara yang dilaksanakan serangkaian HUT Prodi Informatika FMIPA Universitas Udayana yang jatuh pada 14 April 2024 mendatang. “Program ini kami buat perdana,” terangnya. Ace/Kh-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button