Berbuatlah Baik Agar Semua Orang, Binatang dan Makhluk Hidup Berbahagia

TUMPEK KANDANG

Hari ini, Saniscara Kliwon, Wuku Uye, Sabtu (5/12/2020) merupakan weton wewalungan untuk mengadakan upacara selamatan terhadap binatang peliharaan/ternak. Di dalam agama Hindu dikenal adanya berbagai usaha atau *media untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa*.

Salah satu dari usaha atau media itu adalah melalui pelaksanaan hari-hari raya keagamaan. Di antara demikian banyak hari-hari raya Hindu, satu di antaranya adalah hari untuk *memuja keagungan* Tuhan Yang Maha Esa melalui pemeliharaan atas ciptaan-Nya berupa binatang ternak atau peliharaan.

Umat Hindu di Bali menyebut hari itu adalah hari *Tumpek Kandang* atau *Hari Tumpek Uye*, yakni jatuh pada setiap hari *Sabtu Kliwon Wuku Uye* menurut perhitungan kalender Bali-Jawa.

Hari ini datang setiap enam bulan (210 hari) sekali. Pada hari ini umat Hindu membuat upacara *memuja keagungan Tuhan* Yang Maha Esa sebagai Siwa atau Pasupati, yang memelihara semua makhluk di alam semesta ini.

Pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa ini diwujudkan dengan memberikan upacara *selamatan terhadap semua bintang*, khususnya binatang ternak atau piaraaan. Rahajeng Tumpek Kandang.

Penulis: Seniman/Praktisi Kesehatan (Direktur RS Puri Raharja), dr. Bagus Darmayasa, M.Repro.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button