Apel Siaga, Rutan Gianyar Bersama APH Wujudkan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju

GIANYAR, MataDewata.com | Serangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB menggelar Apel Siaga 3+1 Pemasyarakatan Maju Berantas Halinar (Handphone, Pungli dan Narkoba) bersama Aparat Penegak Hukum (APH) setempat, Jumat (5/4/2024).

Apel tersebut diikuti oleh seluruh pegawai Rutan Gianyar Bersama tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satopspatnalpas), Kepolisian Resor Gianyar, Kodim 1616/Gianyar, BNN Kabupaten Gianyar.

Ik/BPD Bali-Ks//1/2024

Kepala Rutan Gianyar, Agung Hascahyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa apel ini merupakan bentuk komitmen Rutan Gianyar dalam mendukung sekaligus memerangi peredaran narkoba dan mewujudkan zero Halinar di lingkungan Rutan Gianyar.

“Apel ini merupakan tindak lanjut dari Deklarasi 3+1 Pemasyarakatan Maju Berantas Halinar yang telah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia,” ujar Agung Hascahyo.

Agung Hascahyo juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara Rutan Gianyar dan APH setempat dalam memerangi narkoba. “Tanpa adanya sinergi dan kolaborasi, mustahil bagi kita untuk mewujudkan zero Halinar di Rutan Gianyar,” tegasnya.

Ik-MD-OJK//2/2023/fm

Seusai apel, dilanjutkan dengan kegiatan penggeledahan gabungan dari Rutan Gianyar dan APH setempat melakukan penggeledahan secara menyeluruh di seluruh blok hunian. Hasil penggeledahan, petugas tidak menemukan barang terlarang yang bisa mengancam situasi keamanan dan ketertiban di Rutan Gianyar.

Kepala Rutan Gianyar, Agung Hascahyo mengatakan, kegiatan ini akan terus dilakukan secara rutin untuk mencegah masuknya narkoba ke dalam Rutan Gianyar. Beliau juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tidak membantu memasukkan barang terlarang ke dalam Rutan Gianyar. “Kami berkomitmen untuk memerangi narkoba di dalam Rutan Gianyar. Kami tidak akan mentolerir segala bentuk pelanggaran yang terjadi,” tegas Agung Hascahyo.

Apel Siaga 3+1 Pemasyarakatan Maju Berantas Halinar ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen dan sinergi antara Rutan Gianyar dan APH setempat dalam memerangi narkoba dan mewujudkan zero Halinar di lingkungan Rutan Gianyar. Kh-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button