Petik Laut di Desa Candikusuma “Akulturasi Budaya Tiga Umat”

JEMBRANA, MataDewata.com | Berbeda dari wilayah lain di Kabupaten Jembrana, pelaksanaan Upacara Petik Laut di Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya dihiasi dengan akulturasi budaya dari tiga umat (Hindu, Muslim Dan Kristiani). Diisi doa bersama lintas agama, akulturasi budaya tersebut juga ditunjukkan dengan tarian Bali dan Qasidah Rebana.

Upacara petik laut diakhiri dengan Ngaturang Pakelem bersaranakan bebek dan ayam secara Umat Hindu berkolaborasi Rarung Saji secara Umat Muslim. Tujuannya yakni satu, sebagai bentuk ucapan syukur kepada tuhan yang maha esa atas hasil laut yang melimpah.

Baca juga :  TMMD Dorong Percepatan Pembangunan, Dipusatkan di Desa Banyubiru

Melihat kemeriahan acara tersebut, berbagai potensi bisa dikembangkan di kawasan Pantai Candikusuma. Dikenal dengan sebutan Kampung Kerapu dengan bentangan landscape pantai yang luar biasa. Tentu penguatan paket wisata akan memperkuat destinasi melalui potensi seperti snorkling, jetski dan perahu wisata.

Ketua Kelompok Manik Segara, Agus Sulaimi mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Jembrana dalam pelaksanaan upacara petik laut di Desa Candikusuma. “Semoga ke depan kegiatan ini bisa berkelanjutan dan ditingkatkan lagi, tentu atas dukungan dan support Bapak Bupati Jembrana,” pungkasnya. Ari/Hmj/Hj-MD

Baca juga :  Sinergi Kesbangpol Bali Bersama FPK Menjaga Kondusivitas Tahapan Pemilu 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button