Kuatkan PMI Bali, Ini Kata Anom Adiputra

DENPASAR, MataDewata.com | Wakil Ketua Bidang Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) Bali, Ir I Gst. Ngr. Anom Adiputra, MM., Menegaskan peran utama yang selama ini dilakukan bersifat konsulidasi organisasi termasuk dalam pelaksanaan program kerja yang diawali Muskab (Musyawarah Kabupaten) lima (5) tahun sekali. Terlaksana di seluruh Kabupaten se-Bali dengn Mukerkab (Musyawarah Kerja Kabupaten) setiap se-tahun sekali.

Sebagai bentuk menampung masukan, keluhan dan permasalahan dalam organisasi di PMI Bali dan Kabupaten se-Bali. “Dalam Muskab tersebut tetap akan melibatkan Bupati terkait untuk bisa mengalokasikan anggaran,” kata Anom Adiputra sata ditemui di kantor DPD Partai Demokrat Bali, Minggu (3/4/2022).

Lanjut mnyampaikan, kepengurus PMI Bali terdiri dari 4 divisi dan 1 biro, yakni Divisi Penanggulangan blBencana, Diklat dan rRelawan, Divisi Pelayanan Kesehatan, Divisi Pengembangan Sumber Daya dan Kemitraan, Divisi Organisasi dan Komunikasi serta Biro Kepegawaian Umum dan Keuangan (KUK). “Kegiatan di PMI Bali tetap menghandeng pemerintah terutama dalam mengalokasikan anggaran. Karena pemerintah merupakan mitra kerja PMI Bali,” ucapnya.

Sembari menyampaikan dalam pelaksaan Muskab PMI Bali di masing-masing Kabupaten yang sudah diikutan adalah Kabupaten Bangli, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Negara. Jadi sudah hampir seluruh Kabupaten sudah diikuti pelaksaanaan Muscab. “Kemudian dalam kestrukturan organisasi di PMI Bali dalam melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakat. Itu juga sudah disesuaikan sesuai bidang yang sudah ditentukan dalam organisasi yang sudah terbentuk,” imbuhnya.

Ik-MD-GK/Fe//30/2022/f1

Anom Adiputra menjelaskan dalam pengumpulan darah melalui pelaksanaan kegiatan donor darah. Itu juga sudah ada unitnya yang khusus dalam bidang tersebut yang disebut dengan Unit Transpusi Darah (UTD). Tugasnya yakni nencari donor darah, mengolah, mengelola dan menampung darah. Kalau saya sendiri tugasnya hanya membenahi organisasi lewat pengawasan.

“Bahkan sekali-kali memberikan pengarahan terkait program kerja PMI Bali yang akan dilakukan selain melaksanakan donor darah,” jelasnya. Anom Adiputra menambahkan masyarakat jangat pernah takut untuk melakukan donor darah. Karena lewat donor darah selain bisa membantu masyarakat yang memang memerlukan darah juga membuat para pendonornya menjadi sehat.

Dipastikan juga para pendonor setelah melakukan transpusi darah nantinya akan kembali sehat dan bugar. Apalagi tujuan utama dari PMI Bali adalah bisa membatu masyarakat yang membutuhkan darah melalui donor darah. “Karena setetes darah yang disumbangkan melalui donor darah sangat berarti untuk bisa membantu masyarakat yang memang membutuhkan darah,” tambahnya. Ss-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button