Sekda Adi Arnawa Buka Carangsari Festival (Cafest) 3

BADUNG, MataDewata.com | Carangsari Festival 3 resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa yang ditandai dengan pemukulan Gong, di Lapangan Monumen Pahlawan Brigjen Anumerta I Gusti Ngurah Rai, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Badung, Kamis (1/8/2024). Turut hadir dalam kesempatan ITU Anggota DPRD Badung, I Gst Agung Ayu Inda Trimafo Yudha; Kadis Kebudayaan Badung, I Gde Eka Sudarwitha; dan Camat Petang AA. Ngr. Raka Sukaeling.

Tampak juga hadir unsur Tripika Kecamatan Petang, Perbekel Desa Carangsari I Made Sudana, Ketua Listibiya Badung, Bendesa Adat Carangsari, Kelian Dinas dan Kelian Adat Se-Desa Carangsari serta tokoh dan undangan lainnya. Sebagai bentuk dukungan Sekda Adi Arnawa secara pribadi membantu dana sebesar Rp5 juta.

Baca juga :  Sekda Dewa Indra Lepas Kontingen Bali ke LT-V dan Karang Pamitran Nasional Tahun 2023

Dalam sambutannya, Sekda Adi Arnawa menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan Carangsari Festival. Dengan menekankan Tagline ‘Badung Kreatif’ yang digencarkan, pemerintah mendorong anak muda agar selalu kreatif dan mampu menggali potensi mereka sendiri. Pemerintah juga sangat mendukung dan berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan seperti ini, karena selain berfungsi sebagai sarana pelestarian adat, seni dan budaya, acara seperti Carangsari Festival juga memberikan peluang bagi UMKM untuk berpartisipasi dan berkontribusi

“Mewakili Bupati Badung, saya sangat mengapresiasi Karang Taruna yang telah melaksanakan acara ini. Saya yakin, dengan solidaritas dan persatuan yang kuat, Desa Carangsari sebagai Desa Pahlawan akan terus mempertahankan festival ini setiap tahunnya. Saya juga berharap Desa Carangsari bisa menjadi contoh kreativitas yang menginspirasi, membangun Badung dengan anak muda yang kreatif. Kegiatan semacam ini, karena selain berfungsi sebagai sarana pelestarian adat, seni dan budaya, acara seperti Carangsari Festival juga memberikan peluang bagi UMKM untuk berpartisipasi dan berkontribusi. Carangsari Festival menjadi ajang bagi UMKM untuk menampilkan produk mereka dan mendukung keberlanjutan ekonomi lokal,” ucap Sekda Adi Arnawa.

Baca juga :  Gubernur Wayan Koster Inspeksi Ruang Kerja UPTD PPRD Provinsi Bali di Kabupaten Gianyar dan Klungkung

Sementara itu Ketua Panitia Cafest, Ida Bagus Dwi Adnyana, mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran Sekda Badung bersama undangan lainnya dalam acara Carangsari Festival 3. Acara ini dilaksanakan bertujuan untuk melestarikan budaya dan sejarah lokal, Carangsari Festival 3 kembali digelar dengan tema “Sejarah Menginspirasi Kreativitas Generasi Muda”. Menampilkan berbagai kegiatan yang mengusung nilai-nilai sejarah dan budaya setempat. Berbagai pameran, pertunjukan seni dan lomba kreativitas menjadi sorotan utama, dengan tujuan untuk membangkitkan semangat cinta budaya dan mencontoh semangat juang pahlawan I Gusti Ngurah Rai. Rangkaian kegiatan tersebut antara lain Lomba Penjor Klasik dan Lamak yang diikuti oleh STT se-Desa Carangsari serta Lomba Gebogan Lokal yang melibatkan PKK dan Lomba Mewarnai Tingkat PAUD.

Baca juga :  Sekda Alit Wiradana Buka HLM TPAKD, Dorong Terobosan dan Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Carangsari Fest akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 1-3 Agustus 2024. Acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan, baik dari tingkat lokal maupun nasional. Adapun sumber dana yang digunakan untuk kegiatan Carangsari Festival bersumber dari dana APBDes Induk Desa Carangsari Tahun 2024 sebesar Rp 560.000.000. Hp-MD

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button